• Sab. Mei 25th, 2024

Kejatuhan Archegos Capital Management

ByWangseo

Mei 1, 2024

kingofjalur34.com – Kejatuhan Archegos Capital Management pada tahun 2021 merupakan salah satu peristiwa yang mengejutkan di pasar keuangan. Berikut adalah beberapa informasi lebih lanjut tentang kejadian ini:

Latar Belakang:

Archegos Capital Management adalah family office yang di kelola oleh Bill Hwang, seorang mantan manajer hedge fund yang sebelumnya terlibat dalam kasus insider trading. Archegos mengelola dana dari beberapa investor besar, termasuk hedge fund dan lembaga keuangan. Main Juga di HELENASLOT

Penyebab Kejatuhan:

Kejatuhan Archegos terjadi karena posisi margin besar dan terlalu berkaitan dengan sejumlah besar derivatif keuangan yang di buka dengan menggunakan leverage yang tinggi. Ketika nilai beberapa posisi turun tajam, broker-broker besar yang memberikan pinjaman margin memaksa Archegos untuk menjual posisinya untuk menutup kerugian, menyebabkan tekanan penjualan besar-besaran di pasar. Baca Juga Kumpulan Artikel Tentang Game

Dampak:

  1. Kehilangan Dana Besar:

    Archegos kehilangan miliaran dolar dalam beberapa hari akibat tekanan penjualan paksa atas saham yang di pegangnya.

  2. Guncangan di Pasar Saham:

    Penjualan paksa saham oleh Archegos menyebabkan tekanan besar pada saham-saham beberapa perusahaan besar seperti ViacomCBS dan Discovery, serta menimbulkan kekhawatiran tentang stabilitas pasar saham.

  3. Peran Bank-bank Global:

    Banyak bank besar yang terlibat dalam memberikan pinjaman margin kepada Archegos, termasuk Nomura, Credit Suisse, dan Goldman Sachs. Bank-bank ini mengalami kerugian besar sebagai akibat dari kejatuhan Archegos.

Pembelajaran:

Kejatuhan Archegos menjadi peringatan tentang risiko leverage yang tinggi dan ketergantungan pada derivatif keuangan yang kompleks. Ini juga menunjukkan pentingnya pengawasan dan manajemen risiko yang ketat di pasar keuangan.

Konsekuensi Jangka Panjang:

Kejatuhan Archegos Capital Management juga memicu perdebatan tentang perlunya reformasi dalam industri hedge fund dan family office, serta meningkatkan kesadaran tentang risiko-risiko terkait leverage dan perdagangan kompleks di pasar keuangan.

By Wangseo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *